LK.48. Analisis Fenetik dan Filogenetik Tumbuhan serta Peranannya dalam Kehidupan
Kompetensi Dasar :
48. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis
fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan.
Pendahuluan :
Dalam teori evolusi, semua mahkluk hidup yang ada dan
pernah ada di muka bumi ini (di laut maupun darat) merupakan mahkluk yang
berasal dari satu nenek moyang yang sama. Dalam sejarah klasifikasi mahkluk
hidup pun kita tahu bahwa pada awalnya mahkluk hidup dikelompokkan hanya ke
dalam dua kelompok besar yaitu kingdom plantae (tumbuhan) dan kingdom Animalia
(hewan) kemudian dengan berkembangnya ilmu dan pengetahuan manusia hingga saat
ini kita menganut system klasifikasi lima kingdom salah satunya ada kingdom
plantae atau dunia tumbuhan.
Dunia tumbuhan sendiri seperti yang kita ketahui terdiri
atas beragam anggota dan ada banyak cara yang dipakai para ahli tumbuhan dalam
menyusun klasifikasi tumbuhan yang salah satunya mengelompokkan tumbuhan ke
dalam tiga divisi besar yaitu divisi bryophyte, divisi pteridophyta dan divisi
spermatophyte.
Bagaimana sejarah evolusi ketiga divisi dalam dunia
tumbuhan tersebut ? dan apa peranan dari anggota-anggota divisi tersebut ?
Untuk mengetahui jawabannya lakukanlah kegiatan berikut
ini !
Tujuan :
Setelah melakukan kegiatan belajar melalui investigasi
anda mampu untuk :
Menganalisis perbedaan mendasar diantara divisi-divisi
dalam dunia tumbuhan
Mendata berbagai peran tumbuhan dalam kehidupan
Alat dan bahan
Gambar filogenetik tumbuhan
Tabel perbandingan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan
tumbuhan berbiji
Sumber belajar :
Buku (Irnaningtyas,2016,Biologi untuk SMA/MA kelas X
MIPA,Erlangga,Jakarta)
Internet
Prosedur :
Kegiatan 1. Analisis filogenetik tumbuhan
1. Amati
dengan cermat gambar filogenetik tumbuhan berikut ini !
Berdasarkan
gambar tersebut coba buatlah sebuah rumusan kalimat yang menjelaskan sejarah
asal usul tumbuhan yang kita lihat saat ini.
Kegiatan 2. Analisis fenetik tumbuhan.
Amati
dan pelajari table perbandingan divisi-divisi dalam kingdom plantae berikut !
Berdasarkan tabel di atas :
a. Apa
yang menjadi dasar tumbuhan lumut, tumbuhan paku berada dalam satu kingdom yang
sama, yaitu kingdom plantae ?
b. Berdasarkan
ciri-ciri yang ditunjukkan dalam table di atas, coba buatlah sebuah bagan yang
menggambarkan kedekatan hubungan antara divisi-divisi dalam kingdom plantae !
Kegiatan 3. Peranan tumbuhan dalam
kehidupan.
Seperti halnya mahkluk hidup yang lain, kelompok tumbuhan
sudah tentu memberikan peranan dalam kehidupan manusia dan kehidupan di bumi
pada umumnya.
Peran tumbuhan secara umum dapat diklasifikasi ke dalam
dua peran yaitu peran positif dan peran negative.
Untuk mengetahui lebih detail mengenai peranan tumbuhan
dalam kehidupan, lakukanlah eksplorasi untuk mengumpulkan data mengenai berbagi
peranan tumbuhan dalam kehidupan. Sajikan hasilnya dalam bentuk table.
Hasil kegiatan :
Kegiatan 1. Analisis filogenetik tumbuhan
Berdasarkan hasil analisis filogenetik tumbuhan dapat
dirumuskan sejarah evolusi tumbuhan sebagai berikut !
|
Kegiatan 2. Analisis Fenetik tumbuhan
Berdasarkan analisis fenetik tumbuhan dapat dijelaskan
sebagai berikut !
a. yang
menjadi dasar tumbuhan lumut, tumbuhan paku berada dalam satu kingdom yang
sama, yaitu kingdom plantae antara lain :
|
b. bagan
yang menjelaskan kedekatan hubungan antara tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan
tumbuhan berbiji ( gymnospermae dan angiospermae ).
|
Kegiatan 3. Peranan tumbuhan dalam kehidupan
Berikut ini disajikan data mengenai peranan dunia
tumbuhan baik secara umum maupun secara khusus
Tabel 2.1. Berbagai peranan tumbuhan dalam kehidupan di bumi
No
|
Peranan tumbuhan
|
Dalam bidang
|
Contoh jenis tumbuhan
|
Ket
|
1
|
Berperan dalam mengatur daur karbon (C), oksigen (O)
|
Ekosistem
|
Semua jenis tumbuhan darat maupun air
|
Peran +
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembahasan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tulislah semua hasil kegiatan anda tersebut dalam buku catatn atau lembar kertas folio bergaris sebagai laporan tertulis pada guru !
Lihat donh
BalasHapusjawabannya mana kak
HapusBagi jawapan ny kakkk
BalasHapus