LK.48. Analisis Fenetik dan Filogenetik Tumbuhan serta Peranannya dalam Kehidupan

Kompetensi Dasar :
48. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan.

Pendahuluan :
Dalam teori evolusi, semua mahkluk hidup yang ada dan pernah ada di muka bumi ini (di laut maupun darat) merupakan mahkluk yang berasal dari satu nenek moyang yang sama. Dalam sejarah klasifikasi mahkluk hidup pun kita tahu bahwa pada awalnya mahkluk hidup dikelompokkan hanya ke dalam dua kelompok besar yaitu kingdom plantae (tumbuhan) dan kingdom Animalia (hewan) kemudian dengan berkembangnya ilmu dan pengetahuan manusia hingga saat ini kita menganut system klasifikasi lima kingdom salah satunya ada kingdom plantae atau dunia tumbuhan.
Dunia tumbuhan sendiri seperti yang kita ketahui terdiri atas beragam anggota dan ada banyak cara yang dipakai para ahli tumbuhan dalam menyusun klasifikasi tumbuhan yang salah satunya mengelompokkan tumbuhan ke dalam tiga divisi besar yaitu divisi bryophyte, divisi pteridophyta dan divisi spermatophyte.
Bagaimana sejarah evolusi ketiga divisi dalam dunia tumbuhan tersebut ? dan apa peranan dari anggota-anggota divisi tersebut ?
Untuk mengetahui jawabannya lakukanlah kegiatan berikut ini !

Tujuan :
Setelah melakukan kegiatan belajar melalui investigasi anda mampu untuk :
Menganalisis perbedaan mendasar diantara divisi-divisi dalam dunia tumbuhan
Mendata berbagai peran tumbuhan dalam kehidupan

Alat dan bahan
Gambar filogenetik tumbuhan
Tabel perbandingan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji

Sumber belajar :
Buku (Irnaningtyas,2016,Biologi untuk SMA/MA kelas X MIPA,Erlangga,Jakarta)
Internet

Prosedur :
Kegiatan 1. Analisis filogenetik  tumbuhan
1. Amati dengan cermat gambar filogenetik tumbuhan berikut ini !

Berdasarkan gambar tersebut coba buatlah sebuah rumusan kalimat yang menjelaskan sejarah asal usul tumbuhan yang kita lihat saat ini.


Kegiatan 2. Analisis fenetik tumbuhan.
Amati dan pelajari table perbandingan divisi-divisi dalam kingdom plantae berikut !
Berdasarkan tabel di atas :
a. Apa yang menjadi dasar tumbuhan lumut, tumbuhan paku berada dalam satu kingdom yang sama, yaitu kingdom plantae ?
b. Berdasarkan ciri-ciri yang ditunjukkan dalam table di atas, coba buatlah sebuah bagan yang menggambarkan kedekatan hubungan antara divisi-divisi dalam kingdom plantae !


Kegiatan 3. Peranan tumbuhan dalam kehidupan.
Seperti halnya mahkluk hidup yang lain, kelompok tumbuhan sudah tentu memberikan peranan dalam kehidupan manusia dan kehidupan di bumi pada umumnya.
Peran tumbuhan secara umum dapat diklasifikasi ke dalam dua peran yaitu peran positif dan peran negative.
Untuk mengetahui lebih detail mengenai peranan tumbuhan dalam kehidupan, lakukanlah eksplorasi untuk mengumpulkan data mengenai berbagi peranan tumbuhan dalam kehidupan. Sajikan hasilnya dalam bentuk table.

Hasil kegiatan :

Kegiatan 1. Analisis filogenetik tumbuhan
Berdasarkan hasil analisis filogenetik tumbuhan dapat dirumuskan sejarah evolusi tumbuhan sebagai berikut !




Kegiatan 2. Analisis Fenetik tumbuhan
Berdasarkan analisis fenetik tumbuhan dapat dijelaskan sebagai berikut !
a.  yang menjadi dasar tumbuhan lumut, tumbuhan paku berada dalam satu kingdom yang sama, yaitu kingdom plantae antara lain :


b. bagan yang menjelaskan kedekatan hubungan antara tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji ( gymnospermae dan angiospermae ).



Kegiatan 3. Peranan tumbuhan dalam kehidupan
Berikut ini disajikan data mengenai peranan dunia tumbuhan baik secara umum maupun secara khusus
Tabel 2.1. Berbagai peranan tumbuhan dalam kehidupan di bumi
No
Peranan tumbuhan
Dalam bidang
Contoh jenis tumbuhan
Ket
1
Berperan dalam mengatur daur karbon (C), oksigen (O)
Ekosistem
Semua jenis tumbuhan darat maupun air
Peran +
2




3




4




5




6




7




8




 9




10 





Pembahasan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tulislah semua hasil kegiatan anda tersebut dalam buku catatn atau lembar kertas folio bergaris sebagai laporan tertulis pada guru !


Komentar

Posting Komentar